Alami Banyak Penolakan, Hideo Kojima Kini Jadi Desainer Game Ternama – Hideo Kojima adalah pencipta, penulis, sutradara, dan produser dari sejumlah video game yang sangat sukses dan diakui sebagai salah satu desainer game paling berpengaruh di industri ini.
Dia mulai merancang video game pada saat medianya masih relatif baru, dan banyak teman dan serta koleganya melarangnya untuk terjun di industri ini.
Meskipun karier awalnya dipenuhi dengan ide-ide game yang ditolak, dia bertahan melawan para penentang dan naik menjadi wakil presiden di salah satu perusahaan penerbitan game terbesar di dunia.
Dia memulai karier desain gamenya dengan Konami dan membuat terobosan pertamanya ketika dia memodifikasi judul pertarungan yang disebut Metal Gear menjadi game yang lebih berorientasi pada siluman.
Karyanya itu menjadi tanda awal dari seluruh genre game baru yang lebih berfokus pada perencanaan, taktik, dan akal-akalan. daripada kekuatan.
Sebelum karier video game-nya lepas landas, dia dulunya sangat tertarik untuk menulis dan menyutradarai film, namun pengaruh sinematik game membuatnya terinspirasi sebagai generasi desainer berikutnya di dunia video game yang relatif baru.
Adegan potongan sinematik dan penceritaan permainannya yang rumit mendorong banyak desainer lain untuk mengikuti jejak kreatifnya, hingga akhirnya Kojima berhasil permainan Metal Gear adalah salah satu waralaba video game paling sukses secara finansial yang pernah dibuat.
Hideo Kojima lahir di Tokyo, Jepang, tetapi keluarganya pindah ke Jepang Barat tak lama setelah kelahirannya. Tumbuh sebagai anak yang mandiri ia menghadapi kesepian dan kehilangan ketika ayahnya meninggal saat dia baru berusia 13 tahun.
Sejak usia dini, Kojima ingin menjadi penulis dan ilustrator, tetapi menghadapi banyak tekanan untuk mencari pekerjaan yang lebih aman dan stabil secara finansial. Ia kerap menulis dan mengilustrasikan cerita pendek asli dan mengirimkannya ke majalah, meskipun tidak ada yang pernah diterbitkan.
Karier awal Kojima ditandai dengan banyak penolakan, dan ide video gamenya gagal mendapatkan daya tarik dari penerbit. Pada tahun 1986 ia dipekerjakan oleh penerbit game Konami Digital Entertainment untuk bekerja di divisi komputer rumah MSX mereka sebagai perancang dan perencana.
Karena palet warna dan sumber daya sistem yang terbatas, penugasan ini sedikit mengecewakan Kojima yang kreatif dan imajinatif yang berharap dapat bekerja pada sistem Nintendo yang lebih berwarna.
Banyak ide awal Kojima yang ditolak, tetapi dia mendapat terobosan besar ketika dia diminta untuk mengambil alih sebuah proyek bernama Metal Gear.
Baca juga: ID LetDa Hyper, Pro Player Free Fire
Dirilis pada tahun 1987, game Metal Gear pertama memperkenalkan protagonis tangguh Solid Snake ke dunia, dan judulnya tetap menjadi salah satu waralaba Kojima yang paling dikenal dan sukses.
Selama tahun 90-an, karier Kojima akhirnya melejit dan dia mulai mengembangkan proyeknya sendiri untuk Konami MSX2 serta untuk sistem game lainnya, termasuk sekuel dari hitnya Metal Gear.
Ia pun dikenal telah menggebrak tahun 2000-an dengan sekuel MGS yang merupakan salah satu rilis game yang paling dinanti-nantikan saat itu. Dia mengulangi kesuksesannya pada tahun 2001 dengan merilis video game dan franchise anime Zone of Enders.