ESport, Mulai dari Kurikulum Sekolah hingga Turnamen Nasional – Beberapa waktu yang lalu sempat ada berita kalau eSport masuk ke dalam kurikulum nasional. Akan tetapi, hal tersebut hanyalah sebatas kabar burung semata. Pihak Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) akhirnya meluruskan berita tersebut dan menyatakan bahwa cabang olahraga gim elektronik bisa menjadi materi pelajaran di sekolah, tetapi tidak masuk kurikulum nasional. Mata pelajaran tersebut bersifat opsional. Jika relevan dengan materinya dibutuhkan, sekolah bisa memasukkan eSport ke dalam materi pelajaran.
Meskipun akhirnya tidak masuk ke dalam kurikulum nasional, eSport masuk cabang olahraga yang diakui di Indonesia. Bahkan, olah strategi ini dipertandingkan di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021, Asian Games 2018, dan SEA Games 2019.
Mengenal Apa Itu eSport
Sebenarnya, eSport itu apa? Kenapa eSport sempat diberitakan masuk ke dalam kurikulum nasional? Dan kenapa eSport masuk ke dalam cabang olahraga yang diakui di Indonesia?
Menurut Audi E.Prasetio (2017) mengutarakan bahwa eSports atau electronic sport merupakan bidang olahraga yang menggunakan game sebagai bidang kompetitif utama.
Kenapa eSport Bisa Masuk Cabang Olahraga
eSport itu identik dengan game, kenapa bisa masuk cabang olahraga? Karena eSport menggunakan tenaga manusia yang berupa kecepatan, ketangkasan, dan strategi seperti pada olahraga umumnya. Selain itu, menurut Kominfo eSport layak masuk ke dalam cabang olahraga karena memiliki 3 unsur, yaitu : unsur kompetitif, unsur sportivitas, dan unsur prestasi.
Manfaat eSport
eSport masuk ke dalam cabang olahraga yang diakui tentunya mempunyai kelebihan dan juga manfaat. Dalam eSport, memerlukan yang namanya kecepatan, ketangkasan, serta strategi untuk melawan lawannya. Dan berikut adalah beberapa manfaat dari eSport :
● Salah satu manfaat dari eSport adalah menghibur dan membantu menghilangkan stress,
● eSport juga membantu meningkatkan kesehatan karena menjadi atlet eSport juga membutuhkan stamina yang kuat, jadi atlet eSport juga harus menjaga kesehatan dan pola makannya,
● menumbuhkan kemampuan bersosialisasi yang baik karena dalam permainan eSport juga ada permainan tim dan antar pemain saling koordinasi,
● membantu mengatasi kecanduan,
● melatih kemampuan untuk disiplin,
● menjadi atlet eSport, kemampuan multitasking juga akan meningkat,
● menjadi atlet eSport juga mendatangkan penghasilan, apalagi kalau membuat konten seputar eSport.
Itu adalah beberapa manfaat dari eSport. eSport tidak hanya menghibur saja, akan tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan.
Jenis-Jenis eSport
eSport ini terdiri dari beberapa genre game, antara lain :
1. MOBA (Multiplayer Online Battle Arena)
Contoh game bergengre MOBA, yaitu Dota 2, League of Legends, Mobile Legends, Vainglory dan Arena of Valor.
2. First Person Shooter (FPS)
Contoh game bergenre FPS adalah Counter Strike: Global Offensive (CS:GO), Valorant, Call of Duty dan lain-lain.
3. Battle Royale
Contoh game Battle Royale populer seperti PUBG PC/Mobile, Free Fire, Apex Legends.
4. Fighting (Bertarung)
Street Fighter V: Arcade Edition, Tekken 7, Ultimate Super Smash Bros, Mortal Kombat 11, Dragon Ball Fighter Z, Soulcalibur VI, adalah beberapa contoh game genre fighting.
5. Card Battle
Contoh game bergenre card battle yang dipertandingkan di ajang e-sports seperti Pokemon TCG, Heartstone, Gwent The Witcher Card, dan Yu-Gi-Oh!
Dari beberapa genre game eSport di atas, di SEA Games 2021 dan PON XX Papua 2021 kemarin game yang dipertandingkan antara lain Mobile Legends : Bang Bang, League Legends : Wild Rift (Mobile), Arena of Valor, PUBG Mobile, Free Fire, Crossfire (PC), FIFA Online 4
Dukungan IndiHome Untuk Ekosistem eSport
eSport adalah salah satu cabang olahraga yang sudah diakui di Indonesia dan dipertandingkan di PON XX Papua 2021 dan SEA Games 2019. Selain itu, eSport juga banyak sekali diminati. berkaca dari itu, IndiHome dari PT Telkom Indonesia juga memberikan dukungannya terhadap ekosistem eSport.
Produk fast internet milik Telkom Group ini memberi dukungan bagi ekosistem eSport melalui program Limitless eSport Academy atau disingkat LEAD by IndiHome. Program ini telah berjalan tahun lalu, dan menghasilkan talenta-talenta pro player bermental atlet. Kini, untuk meningkatkan level ekosistemnya, IndiHomemenggelar LEAD National Series game Free Fire dengan hadiah hingga ratusan juta rupiah.
Baca juga: Melihat Kemampuan Pemain eSports Disabilitas Jepang
LEAD National Series (LNS)
LEAD National SERIES (LNS) by IndiHome adalah sebuah gebrakan dari IndiHome untuk memberikan wadah untuk para calon atlet eSport Tanah Air mengembangkan potensi hingga menjadi pemain profesional dan berkompetisi sebagai wakil Indonesia di kejuaraan dunia.
LEAD National Series game Free Fire ini menjadi suksesi event LEAD by IndiHome season 1 menuju LEAD by IndiHome season 2. Turnamen LEAD National Series diselenggarakan secara masif meliputi 7 regional wilayah Telkom atau seluruh Indonesia dengan total hadiah Rp 100 juta.
Bahkan E. Kurniawan, Vice President Marketing Management Indihome menegaskan, sebagaimana yang dikutip oleh Republika Online (8/7), bahwa LEAD National Series akan menjadi momen emas untuk pengembangan calon atlet eSport di Indonesia yang berasal dari daerah. Sebab, menurutnya lagi, melalui turnamen ini para peserta bisa merasakan atmosfer pertandingan besar melawan tim-tim hebat dari masing-masing wilayah dengan tingkat persaingan yang sangat ketat.